Get paid To Promote at any Location

Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 24 Maret 2010

Symbian

Pengguna ponsel tentunya sudah sering mendengar istilah Symbian, S60 dan mungkin S40. Kerap muncul pertanyaan seputar Symbian, S60 dan S40. Ada yang berpedapat bahwa S60 dan S40 adalah Symbian. Namun ada juga yang bependapat lain.

Apakah sebenarnya Symbian, S60 dan S40 itu? Berikut beberapa pertanyaan yang kerap muncul forum-forum ponsel. Semoga menambah khasanah pengetahuan kita

Makhluk apakah Symbian itu ?

Sebelum berbicara mengenai symbian, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem operasi.

Semua perangkat komputasi modern pasti menjalankan sebuah Sistem Operasi. Secara sederhana Sistem Operasi adalah antarmuka antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak lainnya (software). Sistem operasi terdiri dari instruksi dasar yang diperlukan untuk berinteraksi dengan hardware.

Symbian merupakan sistem operasi yang digunakan pada hampir seluruh smartphone Nokia. Selain Nokia, manufaktur ponsel lainnya seperti Samsung, Sony Ericsson dan LG juga menjalankan Symbian pada beberapa produk mereka.

Sementara S60 atau juga disebut Series 60, merupakan platform perangkat lunak atau antarmuka yang digunakan oleh Symbian.

Saat ini, versi terbaru Symbian adalah Symbian version 9.4. Sedangkan versi terbaru S60 adalah S60 5th Edition yang kerap disingkat menjadi S60v5.

Apakah yang dimaksud dengan S60 Web Browser ?

Web browser S60 adalah browser yang dikembangkan pada ponsel yang menjalankan Symbian S60.

Apakah semua ponsel Symbian dibuat oleh Nokia ?

Nokia adalah produsen terbesar ponsel Symbian, namun Nokia bukanlah satu-satunya produsen ponsel Symbian. Manufaktur ponsel lain seperti Samsung, Sony Ericsson dan Symbian juga memproduksi ponsel Symbian.

Apakah semua ponsel Nokia menjalankan Symbian ?

Tidak. Ponsel Nokia terbaru Nokia N900 menjalankan Maemo, sistem operasi berbasis Linux. Ponsel Nokia kelas bawah menjalankan sistem operasi yang lebih sederhana yaitu ISA. Ponsel yang menjalankan ISA menggunakan antarmuka yang disebut Series 40. Ponsel ini biasa disebut dengan istilah ponsel Series 40

Beberapa orang kadang berpendapat bahwa Series 40 ada hubungannya dengan Symbian, padahal sebenarnya tidak demikian.

Siapakah pembuat Symbian ?

Symbian pada awalnya dikenal dengan EPOC yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris bernama Psion. Psion merupakan salah satu pendiri dari Symbian Company, perusahaan yang mengembangkan Sistem Operasi Symbian. Namun beberapa tahun kemudian Psion menjual saham mereka.

Symbian Company sendiri didirikan pada tahun 1998 yang pada awalnya dimiliki secara bersama oleh Nokia, Sony Ericsson, Samsung dan Motorola.

Pada tahun 2008, Nokia membeli seluruh saham dari Symbian Company. Nokia kemudian merubah nama menjadi Symbian Foundation, yang bertujuan untuk menjadikan Symbian sebagai sistem operasi open source pada tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar